Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Aly nusron. Permasalahan yang teramat sering kita jumpai adalah Flashdisk mendadak rusak, mendadak tidak bisa digunakan sangat kita sedang ingin menggunakanya untuk kepentingan yang sangat mendesak. Urusan pekerjaan, urusan bisnis, atau urusan tugas sekolah ataupun kampus.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada Flashdisk adalah ketika Flashdisk kita colokkan ke Port USB, Flashdisk tidak terbaca dan terdapat pesan error berupa “Please insert a disk into drive I:” misalnya. dan biasanya ketika kita klik properties flashdisk akan terbaca 0 byte. 

Terkadang juga sering kita jumpai flashdisk yang kita colokkan ke Port USB sama sekali tidak terbaca/terdeteksi oleh komputer/laptop kita.
Oke sekarang mari kita coba perbaiki Flashdisk yang rusak tersebut.
Berikut langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk memperbaiki Flashdisk yang rusak:
  1. Memformat Flashdisk menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool Kita akan mencoba format flashdisk yang rusak tersebut dengan tools HP USB Disk Storage Format Tool , jika tidak berhasil. kita akan menggunakan software yang lain.
  2. Menggunakan Software untuk memperbaiki Flashdisk. Mari kita menggunakan beberapa tools / software yang biasa dipakai dalam memperbaiki flashdisk yang rusak seperti misalnya, Super Stick Recovery Tools, jika Flashdisk tetap tidak terbaca. mari gunakan senjata pamungkas kita.
  3. Reprogram ulang IC Controller Flashdisk Kemungkinan yang terakhir adalah IC FD anda yang error, mari kita perbaiki.  bongkar IC Controllernya pada Fd yang saya gunakan IC nya adalah ALCOR-AU6986. Setelah googling akhirnya ketemu juga software AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986. 

Cara memperbaiki Flashdisk menggunakan AlcorMP_UFD tools ini adalah sebagai berikut:
  • Download program AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986 disini
  • Setelah diekstrak jalankan file ALCORMP.EXE.
  • Klik menu setup, apabila muncul jendela password klik OK aja,
  • Tampilannya seperti gambar dibawah, ganti Scan Mode menjadi Low Level Format.
  • Klik Start(A) untuk memulai proses, dan tunggu sampai selesai.
  • Setelah berhasil, saya format ulang lagi Flashdisk dengan Format bawaan Windows

Dan Selamat... Alhamdulillah Flashdisk kembali normal.

1 komentar: